Wednesday, March 28, 2012

Touchpad














Kita pasti sudah kenal taouchpad dong.. ya benda ini terdapat pada sebuah laptop ataupun ponsel canggih.. taouchpad d ginakan untuk penggunaannya yang simple dan sebagai pengganti mouse.. touchpad sangan sensitif terhadap sentuhan seperti taouchscreen berbeda denan mouse yang menggunakan sensor atau roda..





Semula dari mouse yang hanya terbuat dari kayu dan hanya mempunyai satu tombol, kemudian mouse berkembang lagi yaitu dengan menentukan koordinat kursor menggunakan roda yang berada dibawah dengan cara berputar, putaran tersebut diteruskan pada rooling pada bagian dalam mouse dan diterjemahkan dalam sebuah koordinat. Karena pemakaian bola penggerak tidak efisien yaitu memerlukan alas yang rata dan keras, dengan timbulnya masalah tersebut digantilah bola penggerak dengan sensor inframerah yang jauh lebih tepat koordinatnya serta tidak memerlukan alas yang rata dan keras. Saat ini teknologi mouse yang paling canggih adalah penentuaan koordinat yang dulunya memakai infrared diganti dengan laser, dimana dengan ketelitian mencapai 4.800 titik per inci, nirkabel dengan memanfaatkan gelombang radio.



Touchpad merupakan daerah khusus pada bagian notebook atau netbook yang letaknya dibawah tombol keyboard. Bagian ini adalah permukaan yang dapat mendeteksi gerakan dan posisi jari yang menyentuhnya kemudian diproyeksikan pada layar monitor dengan perpindahan kursor dan posisi dari kursor tersebut. Selain terdapat pada notebook/netbook, touchpad juga bisa ditemukan pada PDA, Music Player Portabel.



Untuk ukuran touchpad yang beredar dalam pasaran berbeda-beda tapi secara umum ukuran touchpad tidak lebih dari 40cm2. Teknologi yang diterapkan didalam touchpad yaitu kapasitif sensor terhadap sentuhan jari, sehingga jika kita menggunakan selain jari dapat dipastikan kursor tidak bergerak sesuai dengan keinginan, misalnya menggunakan pensil, bolpoint, dan walaupun menggunakan sarung tangan. Serta yang perlu kita ketahui bahwa antara PSU (Power Supply Unit) dengan touchpad saling meng-sinkron-nisasi, ketika PSU diganti dengan PSU yang berbeda maka akan berimbas juga pada kinerja touchpad.



Karena tujuan diciptakannya touchpad adalah menyimpel-kan pemakaian mouse, yang dulunya pemakaian mouse memerlukan yang cukup luas, serta diperlukan alas yang rata. Dengan adanya touchpad user masih dapat menggunakan komputer (notebook/netbook) dimana saja walaupun di tempat yang sempit pula. Seperti halnya dengan mouse yang mempunyai tombol kiri dan kanan, toucpad pun punya tombol kiri dan kanan pada bagian bawah nya tetapi doubel klik bisa dilakukan pada landasan touchpad dengan cara mengetuknya dua kali. Mouse yang banyak beredar dipasaran pastinya terdapat sebuah scroll yaitu sebuah roda yang berfungsi menggulung halaman dilayar, ditouchpad pun ada fasilitas scroll tetapi tidak semua touchpad ada fasilitas scroll tergantung pada pabrik pembuat

No comments:

Post a Comment

Cara Membuat Daftar isi di Microsoft Word Secara Otomatis

Ini pelajaran anak SMP kelas 2 tapi terpakai terus sampai bekerja. sebenarnya ada cara gampangnya cuman tidak bisa otomatis jadi harus me...