Monday, July 16, 2012

ODROID-X: Komputer Quad-Core Seharga 1 Jutaan


ODROID-X

Sebuah komputer mini yang ditenagai prosesor quad-core dengan harga hanya 1 jutaan telah diluncurkan. Komputer quad-core murah ini mengusung nama ODROID-X yang memiliki ukuran mini.

Tampaknya tren komputer mini mulai meningkat popularitasnya. Berawal dari kehadiran pionir komputer mini asal inggris, Raspberry Pi yang dijual dengan harga super murah, sekitar 200-300 ribuan ini mampu menarik perhatian dan kini mulai kewalahan memenuhi pesanan.

Kesuksesan Raspberry Pi ini membuat produsen lain juga tertarik untuk meluncurkan platform komputer mini seperti Intel NUC dan kini muncul pesaing kuat Raspberry Pi bernama ODROID-X.

Apa keistimewaan yang ditawarkan komputer mini ODROID-X ini? Komputer ODROID-X ini ditenagai oleh prosesor Samsung Exynos 4412 quad-core 1,4GHz, prosesor ini sama dengan prosesor yang digunakan oleh Samsung Galaxy S3.

Selain ditenagai oleh prosesor Exynos quad-core, ODROID-X ini juga didukung grafis yang mumpuni dari Mali 400 dengan memori RAM (Random Access Memory) sebesar 1GB, cukup lapang untuk mendukung performanya. ODROID-X ini dapat menggunakan sistem operasi Android 4.0 Ice Cream Sandwich.

ODROID-X ini juga dilengkapi berbagai fitur lain seperti hadirnya port Ethernet, slot SDHC dan port USB. Pengguna juga dapat menambah fitur opsional seperti WiFi, LCD, Bluetooth, HDMI, kamera dan modul penyimpanan.

Spesifikasi yang dibawa oleh komputer mini ODROID-X jelas jauh diatas spesifikasi Raspberry Pi yang hanya ditenagai oleh prosesor ARM 700MHz, grafis VideoCore IV dan RAM sebesar 256MB saja.

Hal yang paling menarik dari komputer mini ODROID-X ini adalah harga yang ditawarkan hanya sebesar USD $129 atau sekitar Rp 1 jutaan saja.

Seperti yang dikutip dari Tomshardware hari ini (14/07/2012), komputer mini ODROID-X ini sudah dapat dipesan melalui web Hardkernel, Anda tertarik?




sumber

No comments:

Post a Comment

Cara Membuat Daftar isi di Microsoft Word Secara Otomatis

Ini pelajaran anak SMP kelas 2 tapi terpakai terus sampai bekerja. sebenarnya ada cara gampangnya cuman tidak bisa otomatis jadi harus me...