Sunday, July 1, 2012
Rumus Phytagoras Beserta Contohnya
Baik di bangku kelas V (5) SD, kelas VIII (8) SMP maupun SMA, tentu pernah berjumpa dengan rumus Phytagoras, dan implementasinya lebih banyaknya pada pelajaran matematika. Untuk mengulang kembali rumus Phytagoras, tidak ada salahnya jika mengingat kembali siapa Phytagoras, dan bagaimana bunyi hukum teorema Phytagoras.
Siapa Phytagoras?
Nama "Teorema Phytagoras" diambil dari nama seorang seorang ahli matematika tersohor bernama Phytagoras dari Yunani yang hidup pada tahun 582 SM - 496 SM. Selain itu Phytagoras dikenal sebagai bapak bilangan karena ia berhasil membuktikan pola perhitungan panjag sisi segitiga siku-siku yang kita kenal sebagai teorema phytagoras.
Bagaimana bunyi Teorema Phytagoras?
Adapun bunyi teorema phytagoras adalah: "Pada segitiga siku-siku berlaku bahwa kuadrat sisi miring (hipotenusa) sama dengan jumlah kuadrat dua sisi yang lainnya". Hipotenusa adalah sisi miring berbentuk diagonal, dan merupakan sisi terpanjang sebuah segitiga.
Rumus Phytagoras
Persamaan dasar rumus phytagoras adalah :
c2 = a2 + b2
Rumus untuk mencari panjang sisi a
a2 = c2 - b2
Rumus untuk mencari panjang sisi b
b2 = c2 - a2
Contoh soal sederhana berkaitan dengan rumus Phytagoras
Diketahui panjang sisi a = 15 cm dan panjang sisi b = 8 cm. Berapakah panjang sisi c?
Jawab:
c2 = 152 + 82
c2 = 225 + 64 = 289
c = √289
c = 17cm
sumber
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
Cara Membuat Daftar isi di Microsoft Word Secara Otomatis
Ini pelajaran anak SMP kelas 2 tapi terpakai terus sampai bekerja. sebenarnya ada cara gampangnya cuman tidak bisa otomatis jadi harus me...
-
Lock 4G dilakukan agar Jaringan Internet pada ponsel android tidak turun ke jaringan 2G atau 3G, Lock 4G tidak ada pada menu pengatur...
-
Pas Ospek/MOS seringkali kita (murid baru/mahasiswa baru) dapet tugas bawa barang-barang atau makanan-makanan. Tapi biar nggak biasa (...
-
Setelah sebelumnya dilanda kegelisahan akan rasa takut kalau-kalau film Hollywood gak bisa tayang di bioskop yang ada di Indonesia, k...
No comments:
Post a Comment