Wednesday, April 10, 2013

Pakai atau Lepas Baterai Laptop ?


akibat melepaskan baterai laptop

Tiba-tiba muncul pertanyaan yang membuat saya sedikit galau. Pertanyaan tersebut muncul ketika saya sedang ingin membuka laptop. "Laptopnya pake baterai atau gak pake yah ? Kan cuman di pake di rumah ini". Pada awalnya saya berfikir bahwa baterai lebih baik di buka ketika saya menggunakan arus listrik langsung dari charger. Saya merasa bahwa nantinya baterai akan cepat rusak jika dipakai dan di charger. Hal itu terus saya lakukan dari semenjak saya diberi laptop kira-kira satu tahun kemarin.

Namun beberapa hari ini, saya sempat membuka salah satu postingan yang membahas mengenai permasalahan ini. Selain itu beberapa orang ahli di kampus saya pun sempat berbicara juga. Dari keduanya mereka berpendapat bahwa lebih baik menggunakan baterai ketika laptop digunakan di rumah. Lalu apa alasannya ? Berikut adalah akibat buruk melepas baterai laptop :

Laptop cepat panas dan menjadi lambat.
Dapat merusak komponen laptop, terutama harddisk, layar, papan ketik dan beberapa rangkaian elektronik di dalam laptop seperti kapasitor.

Laptop sering hang karena daya listrik yang tidak stabil.
Kerusakan pada bagian charger karena baterai laptop yang digunakan sebagai pemutus daya setelah baterai penuh tidak ada.

Hal di atas terjadi pada laptop saya. Hampir satu tahun ini saya sering melepas baterai ketika menggunakan laptop, dan hasilnya laptop saya sering cepat panas. Tetapi memang beberapa orang punya pengalaman yang berbeda mengenai masalah ini. Sebagian berpendapat bahwa dengan melepas baterai pun laptop tidak akan apa-apa.

Untuk tambahan, pada laptop dewasa ini sudah memiliki Control Battery, artinya jika baterai sudah penuh, maka baterai akan stop charging (stand by) jadi laptop akan otomatis langsung memakai power listrik. Selain itu juga tidak akan membuat baterai kembung. Baterai disini berfungsi untuk menghindari arus listrik yang tidak stabil dan listrik padam untuk menghindari kerusakan pada komponen hardware laptop.

Perlu di ingat, sebagian banyak hardware pada laptop tidak dapat diganti. Ini artinya jika terjadi kerusakan pada hardware dapat dikatakan laptop tersebut benar-benar rusak. "Lebih baik baterai yang rusak dari pada laptop yang rusak". Suatu saat kinerja baterai pun akan menurun.

Memang masih ada perbedaan menurut banyak orang, dan mungkin menurut Anda juga. Namun, tidak ada salahnya untuk menghindari hal-hal yang buruk yang bisa saja terjadi terhadap laptop kesayangan Anda. :)


sumber

No comments:

Post a Comment

Cara Membuat Daftar isi di Microsoft Word Secara Otomatis

Ini pelajaran anak SMP kelas 2 tapi terpakai terus sampai bekerja. sebenarnya ada cara gampangnya cuman tidak bisa otomatis jadi harus me...