Tuesday, June 19, 2012

Daftar budaya indonesia yang di klaim oleh malaysia




Belakangan ini Indonesia dan Malaysia tengah diramaikan dengan masalah klaim budaya. Pasalnya beberapa budaya Indonesia telah diklaim Malaysia dan diakui sebagai budaya Negeri Jiran tersebut. Beberapa kali Malaysia kedapatan mengklaim budaya Indonesia sebagai budaya mereka. Padahal berbagai macam bukti dan arsip menyatakan bahwa budaya tersebut adalah budaya dari Indonesia. Berikut daftar budaya Indonesia yang diklaim oleh Malaysia:

1. Batik Klaim Malaysia terhadap batik membuat pengrajin batik Indonesia resah. Padahal menutur sejarah, batik itu asli milik Indonesia. Agar klaim Malaysia ini bisa teratasi, Indonesia akhirnya mencantumkan batik sebagai Warisan Budaya tak Benda (Intangible Cultural Heritage) di UNESCO.

2. Tari Pendet Malaysia mengklaim tari pendet sebagai iklan promosi kunjungan ke Malasyia “Visit Malaysia Years”. Padahal sudah jelas, tari pendet adalah budaya dari Bali, Indonesia.

3. Wayang Kulit Malaysia pernah mengklaim wayang kulit sebagai budayanya. Padahal sudah jelas wayang kulit ini adalah budaya khas Jawa. Pertunjukan wayang kulit telah diakui oleh UNESCO pada tanggal 27 November 2003, sebagai karya kebudayaan yang mengagumkan dalam bidang cerita narasi.

4. Angklung Angklung adalah budaya khas dari masyarakat Sunda, Jawa Barat, Indonesia. Warisan leluhur ini juga pernah diklaim oleh Malaysia.

5. Reog Ponorogo Reog Ponorogo khas Jawa Timur ini pernah heboh lantaran muncul di Negeri Jiran. Namun, pada akhir November 2007, Dubes Malaysia untuk Indonesia Datuk Zanal Abidin Muhammad Zain menyatakan negaranya tidak mengklaim Reog Ponorogo sebagai budayanya.

6. Kuda Lumping Kuda lumping adalah tarian khas Jawa, Indonesia. Namun beberapa kaum Jawa yang pindah ke Singapura juga mewariskan tarian ini pada generasinya di Singapura. Namun kuda lumping ini tetap budaya Indonesia.

7. Keris Keris adalah salah satu senjata para raja Majapahit. Wilayah yang paling banyak memakai keris adalah Jawa, Madura, Nusa Tenggara, Sumatera, Pesisir Kalimantan dan Sulawesi.

8. Rendang Padang Rendang padang adalah salah satu masakan tradisional Minangkabau dan biasanya bisa ditemukan di seluruh Rumah Makan Padang di Indonesia.

9. Gamelan Jawa Gamelan Jawa adalah salah satu alat musik khas Jawa yang terdiri dari berbagai macam alat musik. Ada gong, bonang, rebab, dan masih ada yang lain. Biasa digunakan untuk mengiringi acara wayang.

10. Tari Piring Tari piring ini adalah salah satu seni tari tradisional di Minangkabau yang berasal dari kota Solok, provinsi Sumatera Barat.

11. Ulos Ulos atau kain ulos adalah salah satu busana khas Indonesia. Ulos secara turun temurun dikembangkan oleh masyarakat Batak, Sumatera, Indonesia. Selain budaya dalam bentuk tari dan seni rupa, beberapa lagu khas Indonesia juga pernah diklaim oleh Malaysia.

Berikut daftar lagu tradisional khas Indonesia yang diklaim oleh Malaysia:
 - Lagu Rasa Sayange
- Lagu Soleram dari Riau
- Lagu Injit-injit Semut dari Jambi
 - Lagu Anak Kambing Saya dari Nusa Tenggara
- Lagu Jali-jali I


tulah budaya-budaya Indonesia yang pernah diklaim Malaysia sebagai budaya mereka. Relakah kamu budaya Indonesia menjadi budaya Malaysia?




sumber : http://ciricara.com/2012/06/18/inilah-daftar-budaya-indonesia-yang-diklaim-malaysia/



No comments:

Post a Comment

Cara Membuat Daftar isi di Microsoft Word Secara Otomatis

Ini pelajaran anak SMP kelas 2 tapi terpakai terus sampai bekerja. sebenarnya ada cara gampangnya cuman tidak bisa otomatis jadi harus me...