Saturday, June 2, 2012

100 Aturan Cinta




Hubungan yang kuat dan penuh kasih adalah inti dari kehidupan. Sebagian orang bisa menjalin hubungan dengan baik. Mereka menemukan pasangan yang membuat mereka bahagia. Mereka tampak selalu mengetahui cara menghadapi saat-saat yang sukar dan menjaga hubungan tetap segar dan memuaskan. Mereka berteman dengan mudah dan memiliki hubungan yang teruji oleh waktu. Mereka melakukannya seolah-olah tanpa kesulitan. Namun, bagi kebanyakan dari kita, menjalin hubungan bukan soal mudah. Cinta mungkin memang merupakan insting dasar manusia, namun berbagi hidup dengan orang lain tidak selalu mudah.



Adakah sesuatu yang diketahui oleh orang-orang ini yang tidak kita ketahui? Adakah sesuatu yang kita semua bisa manfaatkan? Jawabannya adalah ya, mereka mengetahui aturan-aturan tentang cinta.

The Rules of Love berisi seperangkat prinsip dasar yang akan membantu Anda membentuk dan mempertahankan hubungan yang kuat, tahan uji dan membahagiakan. The Rules of Love, Anda akan merasakan manfaatnya, begitu juga dengan semua orang di sekitar Anda.

Terutama buku ini direkomendasikan bagi Anda yang masih lajang yang ingin menemukan cinta. Juga buat Anda yang sudah berkeluarga, buku ini berguna untuk mengevaluasi sebaik apa mutu hubungan Anda dengan pasangan dan orang-orang terkasih di sekeliling Anda. Buat Anda yang sedang merencanakan mengakhiri hubungan dengan pasangan, sebaiknya membaca buku ini sebelum mengambil keputusan final. Untuk Anda yang merasa kesulitan berhubungan dengan saudara, dan juga Anda yang ingin memiliki hubungan persahabatan yang indah dan kokoh, buku ini layak dibaca. Juga ada aturan untuk semua orang. Jadi, buku ini layak dibaca oleh semua orang yang membutuhkannya.


ATURAN UNTUK MENEMUKAN CINTA

1. Jadilah diri sendiri. Bukalah diri Anda sekarang.

2. Selesaikan dulu baru mulai yang baru. Pergi dan bersembunyilah ketika Anda sedang ‘menjilati luka’ Anda.

3. Anda tidak akan bahagia bersama pasangan Anda sebelum Anda bahagia sendiri. Terlalu banyak orang yang bertahan dalam hubungan yang tidak bahagia hanya karena mereka takut sendiri.

4. Anda akan mengenalnya ketika bertemu dengannya. Wajar saja jika Anda tidak yakin pada awalnya.

5. Pilihlah seseorang yang bisa membuat Anda tertawa. Rasa humor akan bertahan sekalipun semuanya hilang.

6. Kurang dari seratus persen menarik adalah filter yang baik. Orang yang pantas Anda cintai akan mencintai Anda apa adanya.

7. Jangan terus melakukan kesalahan yang sama. Anda harus memutuskan apakah Anda akan membaktikan hidup Anda pada serangkaian hubungan gagal.

8. Orang tertentu terlarang untuk Anda cintai. Saya tidak tahu garis batas Anda, tapi Anda tahu.

9. Anda tidak bisa mengubah orang. Setiap orang bisa saja menyebalkan setiap waktu dalam suatu hubungan (termasuk Anda).

10. Hubungan bukan cuma soal seks. Bahayanya adalah ketika Anda menyamakan nafsu dengan cinta.

11. Kenali seseorang melintasi segala musim sebelum Anda membuat keputusan yang besar Jika dia memang benar-benar orang yang tepat, menanti selama 12 bulan untuk memutuskan masa depan Anda pantas dilakukan.

12. Jangan bertahan dengan orang yang tidak menyayangi Anda. Anda menginginkan pasangan yang membuat Anda merasa istimewa karena Anda memang istimewa.

13. Jika Anda tidak dapat mempercayai pasangan Anda, sebenarnya Anda belum memiliki hubungan. Mungkin Anda pernah dibohongi di masa lalu sehingga Anda merasa tidak mungkin percaya kepada orang lain.

14. Bersikaplah JUJUR (selagi Anda masih punya kesempatan). Hal yang terpenting adalah TIDAK BERBOHONG.

15. Jangan bermain-main. Cara satu-satunya untuk memulai hubungan adalah meneruskannya.

16. Jangan “sikat” pasangan baru dengan “sikat” lama. Banyak hal dalam hidup yang mengikuti suatu prinsip dasar, tapi hal itu tidak berlaku pada pasangan.

17. Pastikan Anda berdua memiliki tujuan yang sama. Sebelum Anda berdua membuat komitmen serius, Anda benar-benar harus menyelesaikan masalah ini.

18. Anda tidak bisa membuat seseorang mencintai Anda. Mungkin Anda berusaha berubah menjadi orang yang dia inginkan. Lucunya, cara ini tidak pernah berhasil.

19. Bertindaklah kejam demi kebaikan. Bebaskan semua orang untuk melanjutkan hidup.

.

ATURAN HUBUNGAN

20. Bersikaplah baik. Apa salahnya bersikap ramah?

21. Bersama karena ingin, bukan karena butuh. Jadi mengapa Anda bersama dengannya? Karena Anda ingin.

22. Beri pasangan Anda ruang untuk menjadi dirinya sendiri. Anda perlu memberinya waktu dan ruang untuk melakukan hal-hal itu tanpa merasa iri.

23. Lihatlah kesalahan Anda sendiri. Pasangan kita sudah tentu tidak sempurna, begitu juga kita.

24. Bersikaplah terhormat. Tentu saja kadang-kadang hal ini mudah, namun kadang-kadang benar-benar sulit.

25. Utamakan kepentingan Anda dan pasangan. Anda bisa mengabaikan keinginan dan kebutuhan Anda sendiri, karena pasangan Anda pasti akan menjadikannya prioritas.

26. Kenali tanda-tandanya. Setiap hal kecil yang dia lakukan sekalipun dia tidak harus melakukannya adalah caranya untuk mengatakan “Aku cinta kamu”.

27. Jadilah pahlawan. Ingin jadi pahlawan macam apakah Anda?

28. Terimalah perbedaan, rangkullah kesamaan. Tim terbaik terdiri dari orang-orang yang memiliki kekuatan yang berbeda.

29. Jangan kecilkan pasangan Anda. Anda tidak boleh membeberkan masalah pribadi Anda berdua kepada publik.

30. Anda ingin melakukan apa? Jika Anda menolak untuk bekerja sama, Anda akan menciptakan kekesalan dan kebergantungan serta menghancurkan mimpinya.

31. Jangan biarkan amarah Anda berlanjut hingga matahari terbenam. Saya tidak mengatakan bahwa Anda tidak boleh bertengkar, karena hal itu tidak realistis dan mungkin juga tidak sehat.

32. Jadilah orang pertama yang meminta maaf. Anda meminta maaf karena telah bersikap kekanak-kanakan dan atas semua aturan yang telah Anda lupakan sehingga pertengkaran terjadi.

33. Kita punya masalah. Fakta bahwa dia tidak bahagia adalah masalah dan itu merupakan masalah Anda.

34. Jangan mengagungkannya dan mengharapkannya tetap demikian. Hubungan dengan seorang manusia jauh lebih baik daripada seorang alien, betapapun menakjubkannya.

35. Ketahui kapan harus mendengarkan dan kapan harus bertindak. Kita manusia adalah makhluk aneh, dan kita perlu tahu bahwa reaksi dan perilaku kita dapat diterima.

36. Jangan pernah berhenti berusaha tampil menarik. Intinya adalah menunjukkan rasa hormat kepada pasangan Anda dengan mempertimbangkan pandangannya.

37. Jika Anda bisa mengatakan sesuatu yang baik, lakukanlah. Kita semua membutuhkan keyakinan dan dukungan. Kita adalah manusia dan itulah sifat kita.

38. Jangan berusaha menjadi orang tua bagi pasangan Anda. Jika Anda ingin menjadi orang tua, milikilah anak.

39. Jadilah bagian dari hidupnya. Jika Anda tidak terlibat dalam kehidupan pasangan Anda, untuk apa Anda ada?

40. Jika hal-hal kecil mengganggu Anda, katakanlah dengan humor. Jika Anda ingin menanganinya, Anda harus bisa menerimanya.

41. Lakukan usaha ekstra untuk menyenangkannya. Cukup tidak lagi cukup. Anda harus melakukan yang lebih dari cukup.

42. Pastikan pasangan Anda selalu senang melihat Anda. Lagipula hal itu menyemangati Anda untuk hidup, yaitu agar bisa memberikan kebahagiaan bagi seseorang.

43. Jangan lemparkan tanggung jawab kepada pasangan Anda. Hanya karena Anda punya hubungan, tidak berarti Anda berhenti jadi manusia mandiri.

44. Beri tahu dia jika Anda tidak menyukai teman-temannya. Dia berhak berteman dengan siapa saja yang dia sukai.

45. Kecemburuan adalah masalah Anda, bukan masalahnya. Bukan tugas pasangan Anda untuk memberi tahu Anda dimana dia berada setiap waktu.

46. Pasangan Anda lebih penting daripada anak-anak Anda. Aturan ini bukan tentang pasangan yang memperoleh lebih banyak waktu dibanding anak-anak, karena sering kali hal itu tidak mungkin.

47. Luangkanlah waktu untuk percintaan. Ayolah, saat ini Anda telah mengenal dengan cukup baik pasangan Anda. Anda pasti mempunyai beberapa ide untuk bercinta dengannya.

48. Milikilah gairah untuk hidup bersama. Tempatkan dia dalam daftar prioritas Anda dan dedikasikan seluruh hidup Anda untuknya.

49. Bagilah beban pekerjaan. Tidak tidur-tiduran pada pagi hari selagi dia menyiapkan anak-anak.

50. Percayailah pasangan Anda untuk melakukan pekerjaannya. Jika Anda ingin memberikan tugas menjaga anak-anak kepada pasangan, Anda juga harus memberikan tanggung jawabnya.

51. Jangan menjadi tukang omel. Jika pasangan Anda biasanya tidak bermalas-malasan, pasti ada suatu alasan kuat mengapa ia tidak mau melakukan hal itu.

52. Pastikan Anda bercinta dengan penuh cinta. Pasangan Anda berhak mendapatkan rasa hormat Anda.

53. Jangan mengatur pasangan Anda. Kenyataan bahwa Anda yang membuat keputusan akan meruntuhkan kepercayaan diri pasangan Anda.

54. Dengarkanlah apa yang tidak ia katakan. Hal ini adalah permainan yang menarik karena Anda bahkan tidak tahu sedang memainkannya.

55. Kebanyakan perdebatan harian adalah tentang hal lain. Anda mungkin berpikir telah memecahkan masalah tersebut terakhir kali, padahal sebenarnya Anda tidak memperdebatkan hal yang Anda sangka.

56. Hargailah privasi. Hanya karena ia mencintai Anda, bukan berarti ia harus meninggalkan semua bentuk identitas pribadi.

57. Perlakukan pasangan lebih baik daripada Anda memperlakukan sahabat. Ini tentang menghargai pasangan Anda dan memperlakukannya dengan baik.

58. Jangan tersinggung ketika ia meminta sedikit ruang. Beberapa orang membutuhkan ruang, dan jika Anda menolaknya, mereka akan mulai merasa terjebak.

59. Pria juga menyukai bunga. Kapan terakhir kali Anda memberi hadiah pada pasangan Anda?

60. Pisahkan keuangan Anda. Jika pasangan Anda ingin menghabiskan seluruh simpanannya untuk membeli sesuatu yang Anda anggap tidak penting, maka hal itu adalah urusannya.

61. Kebahagiaan hidup adalah angan-angan yang tinggi. Kebahagiaan hidup bukanlah tentang kembang api, lutut lemas, atau hati berdebar-debar.

62. Berbaik hatilah kepada pasangan Anda dalam hal finansial. Jika Anda memiliki lebih banyak uang daripada pasangan Anda, Anda perlu membayar lebih banyak.

63. Anda memiliki pilihan setiap hari. Sadari bahwa Anda bertanggung jawab terhadap keberadaan Anda sekarang.

64. Jangan menjadi martir. Jika Anda membiarkan orang lain mengetahuinya, Anda tidak benar-benar menjadi martir.

65. Anda berdua tidak memiliki aturan-aturan yang sama. Tujuannya di sini adalah membuat pasangan merasa disayangi dan dicintai, dan untuk mendahulukan kepentingannya.

66. Tempatkan diri Anda pada posisi pasangan Anda. Pasangan Anda tidak memilih emosi secara buta hanya untuk kesenangan semata.

67. Mertua adalah bagian dari paket. Tidak adil bagi pasangan Anda jika Anda tidak hadir pada bagian penting kehidupannya.

68. Teruslah berbicara. Ketika berbicara, tujuan Anda haruslah menarik, menghibur, memberi informasi, membuat kagum, dan menjelaskan kepada pasangan Anda.

.

ATURAN BERPISAH

69. Dengarkanlah suara hati Anda. Menyeretnya hanya akan memperburuk keadaan.

70. Kegagalan hubungan adalah tanggung jawab dua orang. Saya belum pernah melihat perpisahan dimana kedua pihak tidak berkontribusi.

71. Junjunglah moril tetap tinggi. Menjaga moril tetap tinggi akan terasa ribuan kali lebih baik daripada membalas dendam.

72. Jangan terus-menerus mengungkitnya. Pelajari apa yang Anda dapat dari kesalahan-kesalahan masa lalu, kemudian maju.

73. Jangan libatkan anak-anak. Tidak ada keadaan apapun yang membenarkan Anda untuk melibatkan anak-anak dalam buntut perceraian Anda.

.

ATURAN KELUARGA

74. Jangan salahkan orang tua Anda. Bagaimana mungkin seseorang diharapkan tidak melakukan kesalahan-kesalahan kecil dalam 18 tahun?

75. Jangan biarkan orang tua mengendalikan perasaan Anda. Anda diprogram untuk mengasumsikan bahwa orang tua Anda benar tentang segala hal.

76. Dahulukan anak-anak Anda. Saya tahu menjadi orang tua sangat melelahkan, namun itu adalah risiko pekerjaan.

77. Memutuskan hubungan tidak lebih berharga daripada apapun. Jika Anda ingin keluarga ada untuk Anda, maka Anda harus ada untuk mereka.

78. Perlakukanlah mereka dengan cara yang Anda anggap benar, tanpa mempedulikan perilaku mereka kepada Anda. Perlakukan mereka seakan-akan mereka adalah teman-teman Anda dan bukan keluarga.

79. Janganlah menekan keluarga hanya karena And bisa. Tidak adil jika Anda menekan hanya karena Anda bisa.

80. Jangan pernah terlalu sibuk untuk orang-orang tercinta. Terkadang itu berarati memberikan segalanya.

81. Anak-anak perlu bertengkar dengan Anda untuk meninggalkan rumah. Anda bisa saja menyerah dan membiarkan mereka mendapatkan perdebatan yang pantas dengan Anda.

82. Mereka tidak harus menjadi sama seperti Anda. Berhenti berasumsi bahwa mereka menginginkan hal yang sama seperti yang Anda inginkan.

83. Selalu ada masalah dengan saudara. Anak yang suka bertengkar, iri, atau takut dengan Anda bertahun-tahun lalu telah hilang.

84. Lepaskan peran Anda. Peran ini terasa alamiah sehingga Anda memainkannya tanpa berpikir.

.

ATURAN PERSAHABATAN

85. Tidak ada aturan. Teman-teman Anda adalah diri mereka, Andalah yang harus menerima atau meninggalkan.

86. Sahabat Anda dulunya adalah orang asing. Semakin banyak teman yang Anda miliki, semakin banyak teman baik yang akan Anda punyai.

87. Dalam hidup, milikilah teman-teman yang menjadikan hidup lebih baik, bukan lebih buruk. Hal yang paling hebat dari teman-teman adalah mereka bukanlah suatu kewajiban.

88. Jika Anda ingin menjadi seorang teman, jadilah teman yang baik. Hal ini adalah salah satu yang membedakan para pengikut aturan.

89. Jangan pernah memberikan saran. Teman Anda memahami pikiran dan hidup mereka sendiri lebih baik daripada Anda.

90. Carilah teman yang menyukai kebenaran. Jika Anda ingin menjadi bunga merah menakjubkan, Anda harus menemukan ladang bunga untuk ditinggali.

91. Jangan pernah meminjamkan uang kecuali Anda siap merelakannya. Persahabatan yang baik lebih berharga dari pinjaman Anda, karena itu Anda gila untuk merusaknya.

92. Sulit jika Anda tidak menyukai pasangan mereka. Pada akhirnya mungkin juga Anda yang salah, Anda tahu, ini dapat terjadi.

93. Ketika satu jari menunjuk ke depan, maka tiga jari lainnya menunjuk ke belakang. Tentu saja ketika itu bukan salah Anda, itu berbeda, benarkah?

94. Persahabatan berubah. Tidak ada alasan untuk merasa bersalah atau marah pada teman-teman ketika hidup membawa Anda ke arah yang berbeda.

95. Ketahui kapan saatnya untuk melepaskan. Jangan habiskan tenaga Anda untuk persahabatan yang sudah mati.

96. Kemarahan tidak akan menolong siapapun. Beberapa persahabatan tercipta untuk selamanya dan beberapa hanya membutuhkan waktu singkat.

.

ATURAN UNTUK SEMUA ORANG

97. Rasa bersalah adalah emosi yang egois. Untuk mencintai orang lain, Anda harus memfokuskan diri pada mereka, dan bukan pada diri sendiri.

98. Cinta sama dengan waktu. Ketika Anda ditarik dalam segala arah, satu-satunya hal yang dapat dilakukan adalah memprioritaskan diri.

99. Semakin banyak yang Anda berikan, semakin banyak yang Anda dapatkan. Alam semesta tidak akan memberikan kembali cinta kecuali sebanyak yang Anda berikan.

100. Tempatkan orang lain di atas diri Anda. Dengan membantu orang lain, Anda membantu diri sendiri.


sumber : http://media.kompasiana.com/buku/2012/04/01/100-aturan-cinta-resensi-buku/

No comments:

Post a Comment

Cara Membuat Daftar isi di Microsoft Word Secara Otomatis

Ini pelajaran anak SMP kelas 2 tapi terpakai terus sampai bekerja. sebenarnya ada cara gampangnya cuman tidak bisa otomatis jadi harus me...